Home » » Permasalahan dalam SIG

Permasalahan dalam SIG

Written By Tasrif Landoala on Senin, 08 Juli 2013 | 10.26



A.      Permasalahan Sistem
Semua sistem informasi akan mempunyai masalah, tanpa memperdulikan seberapa baiknya sistem tersebut didesain. Beberapa hal yang menyababkan sistem informasi mempunyai masalah, antara lain karena :
a.    Waktu (overtime),
b.    Lingkungan sistem yang berubah,
c.    Perubahan prosedur operasional.

Perbaikan masalah sistem informasi disebut maintenance programming, yang meliputi tanggapan terhadap masalah sistem dan penambahan fungsi baru ke sistem. Maintenance programming mencakup 60 sampai 90 % dari programming budget dan menunjukkan apakah sistem informasi yang memburuk perlu diganti atau dipertahankan dengan melakukan perbaikan kecil (minor). Masalah sistem informasi berhungan dengan karakteristik informasi, yaitu :
a.    Relevansi (relevancy).
b. Keakuratan (accuracy), yang memiliki faktor kelengkapan (completeness), kebenaran (correctness), dan keamanan (security).
c.    Ketepatan waktu (timeliness).
d.   Ekonomi (economy), yang memiliki faktor sumber daya (resources) dan biaya (cost).
e.    Efisiensi (eficiency).
f.     Dapat dipercaya (reliability).
g.    Kegunaan (usability).

1.        Relevansi (relevancy)
Hasil dari sistem informasi (SI) harus dapat digunakan untuk kegiatan managemen ditingkat operasional, taktis dan strategik. Jika tidak dapat digunakan, informasi tersebut layak untuk tidak diperhatikan lagi. Beberapa gejala dari informasi yang tidak lagi relevan, antara lain :
a.            Banyak laporan yang isinya terlalu panjang.
b.    Laporan tidak digunakan oleh pihak yang menerimanya.
c.    Permintaan informasi tidak tersedia dalam SI.
d.   Sebagai laporan yang tersedia tetapi tidak diminta/dibutuhkan.
e.    Bertumpuknya keluhan-keluhan pemakai ketika laporan tidak diproduksi dan disebarluaskan.

2.        Kelengkapan (completeness)
Data tidak hanya dimasukkan secara benar, tetapi juga harus lengkap. Apabila sebuah sistem informasi memiliki 95% keakuratan data, tetapi hanya 80% dari kebutuhan informasi, maka sistem akan tidak efektif. Berikut beberapa gejala ketidaklengkapan (incompleteness).
a.   Sebagian data dikembalikan ke pemakai karena sumber dokumennya atau isian formulirnya tidak lengkap.
b.  Pengawas data menunjukkan sebuah atau lebih isian field yang tidak diisi karena kesengajaan atau ketidaksengajaan.
c.  Bagian pemasukan data menelepon ke pemakai untuk mengklarifikasikan data dari sumber-sumber dokumennya.

3.        Kebenaran (correctness)
Kebenaran biasanya dipikir sebagai keakuratan. Semua data dari field harus dimasukkan secara benar. Berikut gejala dari ketidakbenaran, antara lain :
a.    Total kesalahan transaksi mengalami kenaikan dibanding kualitasnya.
b.    Permintaan untuk perubahan program mengalami kenaikan.
c.    Masalah yang terjadi setelah akhir hari kerja normal mengalami kenaikan.
d.   Jumlah kesalahan kritis mengalami kenaikan.
e.   Sebagai contoh adalah kesalahan saldo hutang nasabah dapat mengurangi masukan kas, sehingga membuat nasabah mengalami ketidakpuasan.

4.        Keamanan (security)
Seringkali informasi dikirimkan ke setiap orang yang membutuhkannya. Pengawasan keamanan adalah struktur pengecekan untuk memutuskan jika informasi yang sensitif ditujukan kepada pemakai yang tidak sah.

5.        Ketepatan waktu (timeliness)
Beberapa gejala yang menunjukkan masalah ketepatan waktu :
a.    Keluaran (throughput) sistem informasi mengalami penurunan.
b.    Troughput adalah tingkat proses transaksi sampai akhir waktu yang bebas kesalahan.
c.    Tumpukan pemasukan data mengalami kenaikan.
d.   Sebuah tumpukan pemasukan data terjadi ketika data transaksi tidak langsung dimasukkan pada saat itu (ditunda/tertunda).
e.    Keluhan tentang lambatnya sistem membuat laporan mengalami kenaikan.
f.     Waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki kesalahan program mengalami kenaikan.
g.    Banyaknya keluhan dari pemakai tentang kesulitan dalam menghubungi staff pemeliharaan program dan staff operasinya.

6.        Ekonomi (economy)
Biaya sistem informasi akan mengalami kenaikan sesuai dengan berjalannya waktu. Meskipun ada beberapa biaya yang mengalami penurunan, dan sebagian akan naik. Banyak hal yang menunjukkan kenaikan biaya, seperti konsultan pemeliharaan hardware dan program, dan sebagainya. Banyak organisasi merekrut konsultan sebagai programmer atau analis selama proyek. Untuk jangka pendek secara drastis akan menaikkan biaya tenaga kerja, tetapi untuk jangka panjang mengurangi biaya karena mempertimbangkan keuntungan sistem informasi yang didapat.

7.        Efisiensi (eficiency)
Efisiensi adalah berapa banyak produksi meningkat karena tambahan unit sumber daya dalam proses produksinya. Untuk contoh, sebuah perusahaan mengeluarkan $500.000 untuk sistem inventory. Penjualan mengalami kenaikan $100.000 sebagai hasil dari sistem baru tersebut. Efisiensi dari sistem tersebut adalah :
             100.000
            ------------ = 20%
             500.000

Disini beberapa rasio yang dapat dihitung dan dianalisa, antara lain :
a.    Keluaran / nilai uang (trougput/dollar).
b.    Keluaran / waktu untuk memasukkan data (trougput/data entry hours worked).
c.    Transaksi tanpa kesalahan/waktu (errorless transaction/hours).
d.   Kesalahan yang dibetulkan/nilai uang (errors corrected/dollar).
e.    Perubahan program/jumlah programmer (program changes/number of programmers).
f.     Biaya kertas/transaksi (paper costs/transaction).

8.        Dapat dipercaya (reliability)
Sebuah indikator penting dari sistem informasi yang adalah dengan memperhatikan masalah reliabilitasnya. Beberapa gejala tentang masalah reliabilitas, antara lain :
a.  Computer downtime, yaitu sistem informasi bekerja dengan baik ketika komputernya bagus, kemudian komputer mengalami penurunan.
b.    Banyaknya karyawan mengalami pergantian (turnover), yaitu tingkat rata-rata karyawan bekerja dengan baik keluar, dan karyawan baru ditraining.
c.  Waktu perbaikan kesalahan program, yaitu pemakai tidak dapat memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki sebuah kesalahan informasi, barangkali satu jam atau empat minggu.
d.   Biaya, yaitu tingginya varian rata-rata biaya setiap bulannya.
e.    Tumpukan transaksi, yaitu jumlah transaksi yang tertunda atau ditolak.
f. Rata-rata kesalahan, yaitu rata-rata kesalahan yang tidak dapat diprediksi, sehingga perlu menguranginya.

9.        Kegunaan (usability)
Tidak ada hal yang lebih baik dari sebuah sistem yang dirancang sesuai dengan kriteria. Jika sistem sulit digunakan, berarti adalah masalah dalam sistem. Beberapa gejala yang menunjukkan sedikit kegunaan (poor usability) sistem, antara lain :
a.    Lamanya waktu pelatihan bagi pemakai pemula.
b.    Tingginya rata-rata kesalahan yang terjadi.
c.    Naiknya keluhan-keluhan pemakai.
d.   Naiknya kemangkiran dari sebagian pemakai komputer.

B.       Information systems backlog
Tumpukan pemasukan data adalah sebuah kondisi dimana transaksi yang datang tidak langsung dimasukkan (posted) ke record pada awal hari kerja berikutnya. Tujuan utama dari sistem informasi bisnis adalah menyimpan sumber daya (to keep track of resources), sehingga kegagalan memperbaharui (to update) sumber daya record adalah sebuah masalah sistem yang serius. Sebagai analis, adalah penting untuk mengetahui apa yang menyebabkan terjadi tumpukan (backlogs) dan masalah-masalah yang sebabkan systems backlogs.
Terdapat 5 alasan mengapa sebuah tumpukan masalah sistem informasi dapat terjadi :
a.          Volume transaksi mengalami kenaikan (transaction volume increase).
b.          Penurunan kinerja (decreasing performance).
c.         Pergantian karyawan yang tinggi (employee turnover).
d.         System downtime.
e.       Transaction variances.

Beberapa masalah backlogs menyebabkan beberapa kekacauan, antara lain :
a.    Menumpuknya rekord-rekord (lack of record currency).
b.    Kenaikan rata-rata kesalahan (increased error rates).
c.    Kenaikan biaya (increased costs).
d.   Kenaikan pergantian karyawan (increased employee turnover).
Deteksi sumber-sumber masalah sistem informasi :
a.    Keluhan pemakai (user complaints).
b.    Perhatian top manajemen (top management concerns)
c.    Penunjuk jalan (scouting).
d.   Pengawas pemakai (user surveys).
e.    Pengawas (audits).
f.     Pengukur kinerja sistem (performance measurement systems).

C.      Laporan awal masalah
Banyaknya catatan-catatan (logs) masalah-masalah laporan dapat digunakan oleh sistem analis untuk studi awal (preliminary study). Studi ini memutuskan jika laporan atau deteksi masalah adalah cukup serius untuk menjamin perhatian lebih lanjut dan perhatian apa saja yang perlu untuk dilakukan.

Analis menyiapkan sebuah laporan awal masalah yang mencakup 4 elemen berikut:
a.    Source, dari mana sumber masalah informasi berasal.
b.    Nature, sebuah deskripsi singkat tentang sumber masalah.
c.    Detailed analysis, pengembangan secara teknis dari masalah (problem nature).
d.   Recommendation, sejauh mana solusi dari masalah akan dikembangkan.

Tipe recommendation, terdiri dari :
a.    Masalahnya kecil dan kebutuhan pemeliharaan.
b.    Masalahnya membutuhkan kemampuan sistem.
c.    Masalahnya serius sehingga perlu analisis detail. Rekomendasi ini dimulai dari sistem development life cycle. Detail analisis memutuskan apakah sistem saat ini perlu diganti dengan sistem informasi yang baru.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Catatan Kuliah Geografi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger