Home » » Alam Semesta dan Isinya

Alam Semesta dan Isinya

Written By Tasrif Landoala on Sabtu, 17 Agustus 2013 | 09.40



Alam Semesta dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang dianggap ada secara fisik, seluruh ruang dan waktu, dan segala bentuk mareri serta energi. Istilah Semesta atau Jagad Raya dapat digunakan dalam indra kontekstual yang sedikit berbeda, yang menunjukkan konsep-konsep seperti kosmos, dunia, atau alam.

1.    Matahari
Adalah bintang terdekat dari bumi. Para ilmuan memperkirakan adanya matahari sekitar 4.600 juta tahun yang lalu. Matahari panas karena sinar yang terjadi akibat suatu proses atau reaksi nuklir pada intinya berubah menjadi helium. Suhu permukaanya 6.000˚ C.
2.    Planet
Saat ini ada delapan planet yang di kenal yaitu: Merkurius atau Untarid, Venus atau Sahara, Bumi atau Geo, Mars atau Marik, Yupiter atau Mustari, Saturnus, Uranus, Neptunus. Planet Merkurius dan venus disebut planet dalam, sedangkan Planet yang lainya disebut planet luar. Planet dalam adalah planet yang lintasanya mengelilingi matahari berada di dalam lintasan bumi mengelilingi matahari. Planet luar adalah planet yang lintasanya mengelilingi matahari berada di luar lintasan bumi mengelilingi matahari.

Sifat dan Keadaan Planet
a.    Merkurius
Merupakan planet terdekat dari matahari yang ukuranya paling terkecil dalam tata surya. Permukaanya menyerupai matahari dan diselimuti oleh lapisan berlubang-lubang yang diperkirakan ditabrak oleh meteor. Merkurius terdiri atas besi kira-kira 58%, dan mempunyai atmosfer yang hampa. Suhu bagian yang menghadap ke matahari 450˚ C, sdangkan bagian yang memebelakanginya adalah -550˚ C.
b.   Venus
Adalah planet kedua terdekat dari matahari dan selalu muncul sesaat sebelum matahari terbit dan terbenam menyusul matahari. Merupakan planet yang paling jelas di pandangdengan mata telanjang. Venus di juluki bintang Pagi dan bintang Malam.
c.    Bumi
Adalah planet ke tiga dari matahari dan satu-satunya benda langit yang memilki banyak air dan oksigen pada permukaanya. Bumi dapat di huni oleh berbagai makhluk hidup.
d.   Mars
Adalah planet yang dikenal sebagai planet merah. Diperkirakan hanya sedikit udara atau air dan temperaturnya dingin. Tanda-tanda kehidupan belum tampak ada.
e.    Yupiter
Adalah planet terbesar pada sistem tata surya. Terdiri dari hydrogen dalam komposisi serupa dengan matahari, Permukaanya yang terlihat tidak padat, terdiri atas lingkaran awan yang beraneka warna.
f.     Saturnus
Adalah planet yang paling unik di antara semua planet. Mempunyai lingkaran cincin dengan garis tengah 272.000km. Berupa gas membeku yang terdiri dari atas gas hidrogen, helium, dan amoniak.
g.    Uranus
Adalah planet yang terdapat pada urutan ketujuh dari matahari. Terbuat dari sebagian besar hidrogen, tetapi kemungkinan pada intinya terdapat batuan. Ukuranya sedang dengan garis tengah 3,7 kali garis tengah bumi dan massanya 15 kali massa bumi.
h.   Neptunus
Adalah planet ke delapan dari matahari. Neptunus mempunyai atmosfer yang padat dengan gas dan diperkirakan pada bagian bawahnya terdapat batuan dan es.

Gerakan Planet Mengelilingi Matahari
a.    Hukum 1 kepler
Orbit setiap planet mengelilingi matahari berbentuk elips. Matahari terletak pada salah satu titik fokus elips.
b.    Hukum II kepler
Garis yang menghubungkan antara planet dan matahari selama revolusi planet itu membentuk bidang yang sama luasnya dalam jangka waktu yang sama.
c.    Hukum III kepler
Kuadrat kala revolusi planet-planet berbanding lurus dengan pangkat tiga jarak rata-ratanya dari matahari.

3.    Satelit
Adalah pengiring planet dan juga termasuk anggota tata surya. Satelit beredar mengelilingi planet dan bersama-sama planet mengelilingi matahari.
4.    Asteroid dan Planetoid
Adalah planet kecil yang mengelilingi matahari. Asteroid beredar diantara orbit mars dan yupiter. Asteroid yang terbesar adalah Ceres yang berdiameter kira-kira 750 km.
5.    Komet
Adalah benda angkasa yang mengelilingi matahari dengan garis orbit berbentuk lonjong. Komet terdiri atas kumpulan debu dan gas yang membeku apabila jauh dari matahari
6.    Meteor dan Meteorit
Adalah benda kecil yang masuk ke atmosfer bumi, kemudian timbul panas yang menyebabkan benda kecil berpijar dan terbakar habis sebelum sampai ke bumi.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Catatan Kuliah Geografi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger