Home » » Cabang Ilmu Geologi

Cabang Ilmu Geologi

Written By Tasrif Landoala on Senin, 11 November 2013 | 08.55



Ilmu Geologi memiliki beberapa cabang ilmu lain yang lebih spesifik, antara lain :
1. Mineralogi adalah Studi tentang mineral secara megaskopis dan menentukan nama mineral dari hasil deskripsi (sifat fisik, belahan, goresan, warna, kilap, dan lain-lain).
2. Petrologi adalah Studi tentang batuan, asal mula pembentukannya, klasifikasinya, tempat pembentukan dan pengendapannya, serta penyebarannya baik di dalam maupun di luar perut bumi.
3.   Geologi Struktur (King of Geology) adalah Studi mengenai perubahan bentuk2 kerak bumi yg diakibatkan oleh gaya sehingga menghasilkan struktur geologi berupa lipatan, patahan, kekar, dan lain-lain.
4.    Geomorfologi adalah Studi tentang bentang alam dan proses2 yg mempengaruhinya.
5. Stratigrafi (Queen of Geology) adalah studi tentang perlapisan batuan, penyebaran, komposisi, ketebalan, umur dan korelasi lapisan batuan.
6. Geokimia pada dasarnya adalah studi mengenai komposisi kimia bumi. mempelajari keberadaan unsur-unsur isotop di bumi, dan lain-lain.
7. Paleontologi adalah Studi tentang segala aspek kehidupan masa lampau berupa fosil baik makro ataupun mikro yg di temukan dalam batuan.
8. Geologi Terapan adalah Penerapan Geologi untuk kepentingan manusia pada bidang tertentu. Misal: Geologi Pertambangan, Geologi Batubara, Geologi Minyak dan Gas Bumi, Hidrogeologi, dan sebagainya.

Masih banyak cabang ilmu geologi yang belum disebutkan, karena sesuai dengan perkembangan zaman dari tahun ke tahun, ilmu geologi pun mengikuti perkembangan dunia science dan technology.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Catatan Kuliah Geografi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger