Home » » Peta Sebagai Alat Bantu dalam Penelitian

Peta Sebagai Alat Bantu dalam Penelitian

Written By Tasrif Landoala on Kamis, 12 September 2013 | 20.27



Dalam perencanaan kegiatan penelitian yang akan dilaksanakan di suatu wilayah tertentu lebih-lebih yang belum begitu dikenal secara baik, keberadaan peta wilayah yang bersangkutan mempunyai manfaat yang sangat besardan bahkan akan sangat menentukan tingkat keberhasilan perencanaan kegiatan ataupun penelitian yang akan dilaksanakan.
Tersajinya berbagai jenis data ataupun peta yang erat kaitannya dengan jenis perencanaan kegiatan dan penelitian yang akan dilaksanakan dapat memperlancar dalam menyusun langkah-langkah yang perlu dirancang sebelum pergi ke lapangan. Bahkan seandainya hanya berupa peta lokasi akan tetap dibutuhkan, lebih-lebih kalau tersedia pula peta statistik ataupun peta ternatik lainnya. Selain itu, lewat peta yang ada tidak jarang dapat diungkapkan suatu temuan kernbali dari apa yang sekarang telah tiada dalam kenyataan di lapangan.
Kenyataan yang ada dewasa ini umumnya menunjukkan kondisi yang kurang menguntungkan sebab tidak jarang menemui jalan buntu, sebab wilayah yang akan dijadikan kajian tidak ada petanya, atau kalau ada tidak dalam kondisi yang memadai seperti skalanya tidak benar, dibuat pada puluhan tahun yang lalu, tak ada batas wilayah ataupun tak ada arah mata anginnya, dan sebagainya.
Untuk mengatasi masalah tersebut di atas, dapat digunakan peta topografi (kalau ada) yang memuat data cukup lengkap wataupun umurnya sudah tua. Peta topografi tersebut dapat dijadikan dasar untuk melakukan perencanaan kegiatan. selain itu juga dapat dilakukan pengecekan tentang masih ada dan tidaknya fenomena-fenomena yang tergambar dengan kenyataan yang ada di lapangan. selanjutnya data baru dapat ditambahkan dalam peta sehingga setelah selesai kegiatan dapat menampilkan peta wilayah dalam kenampakan yang berbeda atau bahkan sama sekali baru.

Sumber:
Pengantar Filsafat Geografi - Suharyono & M Amien (1994)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Catatan Kuliah Geografi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger