Home » » Definisi Pertumbuhan Penduduk

Definisi Pertumbuhan Penduduk

Written By Tasrif Landoala on Jumat, 13 September 2013 | 17.07



Pertumbuhan penduduk adalah perubahan jumlah penduduk baik pertambahan maupun penurunannya. Pertumbuhan penduduk di suatu wilayah dipengaruhi oleh besarnya kelahiran (Birth), kematian (Death), migrasi masuk (In Migration), dan migrasi keluar (Out Migration). Penduduk akan bertambah jumlahnya apabila terdapat bayi yang lahir dan penduduk yang datang, dan penduduk akan berkurang jumlahnya apabila terdapat penduduk yang mati dan penduduk yang keluar wilayah tersebut.
1.    Kelahiran (Natalitas)
Kelahiran bersifat menambah jumlah penduduk. Ada beberapa faktor yang mendukung kelahiran (pro natalitas) antara lain:
a.    Kawin pada usia muda, karena ada anggapan bila terlambat kawin keluarga akan malu.
b.    Anak dianggap sebagai sumber tenaga keluarga untuk membantu orang tua.
c.    Anggapan bahwa banyak anak banyak rejeki.
d.   Anak menjadi kebanggaan bagi orang tua.
e. Anggapan bahwa penerus keturunan adalah anak laki-laki, sehingga bila belum ada anak laki-laki, orang akan ingin mempunyai anak lagi.

Faktor-faktor penghambat kelahiran (anti natalitas), antara lain:
a.    Adanya program keluarga berencana yang mengupayakan pembatasan jumlah anak.
b.  Adanya ketentuan batas usia menikah, untuk wanita minimal berusia 16 tahun dan bagi laki-laki minimal berusia 19 tahun.
c.    Anggapan anak menjadi beban keluarga dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
d.  Adanya pembatasan tunjangan anak untuk pegawai negeri yaitu tunjangan anak diberikan hanya sampai anak ke 2.
e.    Penundaaan kawin sampai selesai pendidikan akan memperoleh pekerjaan.

2.    Kematian (Mortalitas)
Kematian bersifat mengurangi jumlah penduduk dan untuk menghitung besarnya angka kematian caranya hampir sama dengan perhitungan angka kelahiran. Banyaknya kematian sangat dipengaruhi oleh faktor pendukung kematian (pro mortalitas) dan faktor penghambat kematian (anti mortalitas). Faktor pendukung kematian (pro mortalitas):
a.    Sarana kesehatan yang kurang memadai.
b.    Rendahnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan
c.    Terjadinya berbagai bencana alam
d.   Terjadinya peperangan
e.    Terjadinya kecelakaan lalu lintas dan industry
f.     Tindakan bunuh diri dan pembunuhan.

Faktor penghambat kematian (anti mortalitas):
a.    Lingkungan hidup sehat.
b.    Fasilitas kesehatan tersedia dengan lengkap.
c.    Ajaran agama melarang bunuh diri dan membunuh orang lain.
d.   Tingkat kesehatan masyarakat tinggi.
e.    Semakin tinggi tingkat pendidikan penduduk.

Faktor penyebab utama ini adalah adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama kemajuan di bidang kesehatan. Dengan kemajuan teknologi kesehatan kelahiran dapat diatur dan kematian dapat dicegah. Ini semua mengakibatkan menurunnya angka kematian secara drastis atau mencolok. Sesuai dengan tingkat kemajuan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi maka tiap-tiap masyarakat atau negara, pertumbuhan penduduknya mengalami 4 periode yaitu:
1)   Periode I
Pada periode ini pertumbuhan penduduk berjalan dengan lambat yang ditandai dengan adanya tingkat kelahiran dan kematian yang rendah sehingga disebut periode statis.
2)   Periode II
Tahap kedua ini angka kematian mulai turun karena adanya perbaikan gizi makanan dan kesehatan. Akibat dari itu semua pertumbuhan penduduk menjadi cepat mengingat angka kelahiran yang masih tinggi.
3)   Periode III
Periode ini ditandai dengan tingkat pertumbuhan penduduk mulai turun. Tingkat kematian pada periode ini stabil sampai pada tingkat rendah dan angka kelahiran menurun, penyebabnya antara lain adanya pembatasan jumlah anggota keluarga.
4)   Periode IV
Pada masa ini tingkat kematian stabil, tetapi tingkat kelahiran menurun secara perlahan sehingga pertumbuhan penduduk rendah. Periode ini di sebut periode penduduk stasioner.

Menurut statistik demografi dalam jangka waktu sekitar seperempat abad mendatang jumlah penduduk kota di negara-negara yang sedang berkembang akan bertambah kira-kir 1,3 triliun jiwa, atau kurang lebih dua kali tipat iumlah penduduk pada tahun 1975. Jumlah penduduk kota pada tahun 1975 merupakan 28 persen dari total penduduk. ]umlah ini akan meningkat menjadi lebih dari 42 persen pada tahun 2000, yang berarti bahwa kurang lebih dua pertiga dari jumlah pertambahan penduduk berada di wilayah-wilayah perkotaan. Hal ini menciptakan pertambahan yang dramatis pula dalam unit perumahan fisik dan penyempurnaan permukiman (Rahardjo Adisasmita 2005).

Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Catatan Kuliah Geografi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger